VIDEO: Pemaparan Dandim 1417/Kendari Terkait Program Inseminasi Buatan di TMMD 104 Konawe

WartaSultraID— Satuan Tugas (Satgas) Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) 104 melaksanakan inseminasi buatan atau perkawinan silang antara sapi Brahma dengan sapi Bali. Inseminasi buatan ini dilakukan karena ada permintaan masyarakat Desa Karandu, Kecamatan Anggotoa, Kabupaten Konawe yang ingin sapinya diinseminasi.

Dengan demikian, Satgas TMMD 104 langsung merespon permintaan masyarakat tersebut. Inseminasi buatan ini dipandu oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) 02/Wawotobi yakni Serda Hamrulah dan Kopda Herianto. Kedua Babinsa ini sebelumnya telah mengikuti pelatihan inseminasi buatan dan telah mendapatkan sertifikat.

Berita terkait: TMMD 104, Dandim 1417/Kendari: Inseminasi Buatan Memberikan Nilai Ekonomis bagi Peternak Sapi

Sebelum melakukan inseminasi, kedua Babinsa tersebut memperkenalkan alat-alat yang akan digunakan dalam inseminasi buatan. Kegiatan inseminasi buatan ini dihadiri oleh Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1417/Kendari, Letkol Cpn Fajar Luvti Haris Wijaya, SE., M.I.Pol, anggota Satgas TMMD 104, mahasiswa dari Universitas Lakidende (UNILAKI) yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN), serta masyarakat setempat.

Dandim 1417/Kendari mengatakan bahwa kegiatan inseminasi buatan ini baru pertama kali dilakukan di Sulawesi Tenggara (Sultra). Ia menyampaikan bahwa inseminasi buatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat mengembangkan hasil ternaknya. (*WS)