Wadek I FKIP UHO: Mahasiswa Bisa Ujian Tanpa Harus Membayar UKT Terlebih Dahulu

WartaSultraID—Sebagai perguruan tinggi negeri terbesar di Sulawesi Tenggara, Universitas Halu Oleo (UHO) di bawah kepemimpinan Prof. Dr. Muh. Zamrun Firihu memberikan kemudahan dalam urusan akademik bagi mahasiswa.

Salah satu kebijakan tersebut adalah dengan memperpanjang masa aktif mahasiswa dalam pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT). Hal tersebut disampaikan oleh Dr. H. Mursidin, T., M.Pd yang merupakan Wakil Dekan (Wadek) I Bidang Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UHO.

Mursidin mengatakan bahwa perpanjangan masa aktif mahasiswa yang dimaksud adalah mahasiswa yang akan melakukan pada saat ujian ditetapkannya pembayaran UKT dapat melakukan ujian tanpa harus membayar UKT terlebih dahulu.

“Dulu, bagi mahasiswa yang akan melakukan ujian saat telah dibuka untuk pembayaran UKT harus melakukan pembayaran terlebih dahulu baru dapat melaksanakan ujian. Jadi, misalnya pembayaran UKT dibuka pada hari ini 24 Juni, maka mahasiswa harus membayar dahulu baru melajutkan ujian,” ujar Murzidin kepada Warta Sultra saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (24/6/2019).

Selain itu, lanjut Wadek I FKIP, kebijakan lain dari Rektor adalah terkait peleburan konsentrasi yang tidak memiliki izin pada beberapa program studi (Prodi) di FKIP. Terkait hal tersebut, Rektor menginstruksikan mahasiswa yang mengambil konsentrasi tersebut dipindahkan ke program studi induk seperti Prodi Fisika Konsentrasi Pendidikan Keteknikan.

Peleburan beberapa konsentrasi tersebut sudah dilaksanakan pada semester lalu yaitu pada 2018. Salah satunya yaitu pada Prodi Pendidikan Bahasa, Pendidikan Fisika dan Pendidikan Ekonomi. Untuk konsentrasi jurusan yang ada pada Prodi Pendidikan Sejarah tidak dilebur.

“Sebab, merupakan keinginan para mahasiswa jurusan tersebut karena konsentrasi yang ada masih dibutuhkan di masyarakat seperti konsentrasi pendidikan sosiologi,” sambung Mursidin.

Lebih lanjut, ia katakan bahwa bagi mahasiswa yang berasal dari wilayah yang mengalami dampak banjir seperti dari Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Konawe Utara (Konut) dan Konawe akan mendapatkan penurunan satu grade pembayaran UKT.

“Seperti halnya mahasiswa dari Fakultas Kedokteran yang pembayaran UKT-nya termasuk pada grade delapan akan diturunkan satu grade ke grade tujuh,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) tahun ajaran 2019/2020 di Universitas Halu Oleo (UHO) dimulai pada tanggal 24 Juni sampai dengan 31 Juli 2019. (*WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.