Disdukcapil Kendari Siap Terbitkan KTP bagi Warga Penghayat Kepercayaan

WartaSultraID—Angin segar bagi warga penghayat kepercayaan di Indonesia setelah MK (Mahkamah Konstitusi) memutuskan Penghayat Kepercayaan Masuk Kolom Agama di ktp (Kartu Tanda Penduduk). Putuskan tersebut direalisasikan dengan diterbitkannya ktp bagi warga penghayat kepercayaan.

Warga penghayat kepercayaan ini adalah warga negara Indonesia yang memutuskan untuk menganut agama leluhur asli Nusantara. Sebagai contoh, kelompok etnis masyarakat adat Suku Banten, Suku Baduy (Badui) Dalam, yang menganut Sunda Wiwitan. Sunda Wiwitan sendiri merupakan kepercayaan pemujaan pada kekuatan semesta dan arwah leluhur.

Selain di Banten, di wilayah lain yang ada di Indonesia juga banyak warga penghayat kepercayaan. Seperti, Aluk Todolo di Toraja, Kejawen di Jawa Tengah dan Jawa Timur, Kahaningan di Kalimantan, dan Parmalim di Sumatera.

Kepemilikan ktp bagi warga penghayat kepercayaan juga sudah bisa dinikmati oleh warga Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). Sebagaimana disampaikan oleh Drs. H. Halili selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari bahwa pihak Disdukcapil Kendari sudah menyediakan ktp bagi penghayat kepercayaan. Hanya saja, sejauh ini belum ada warga yang mengajukannya.

Terkait prosedur pengajuan ktp penghayat kepercayaan, warga harus membawa surat keterangan RT/RW, KK (kartu keluarga), dan surat pengantar dari ketua kelompok penghayat kepercayaan.

“Diverifikasi dulu KK-nya, kalau KK sudah valid maka otomatis penerbitan ktp akan valid sesuai data yang ada, juga rekomendasi dari aliran kepercayaannya, dan harus ada rekomendasi dari organisasi aliran kepercayaan,” jelas H. Halili melalui whatsapp, Senin (25/2/2019).

Halili menambahkan, Disdukcapil bekerja berdasarkan dokumen negara yang resmi. Setelah itu pihaknya akan melakukan input data sesuai kepercayaan masing-masing warga.

“Apabila yang bersangkutan sudah kawin atau menikah harus menyertakan surat nikah. Tapi sejauh ini belum ada warga yang mengajukan penerbitan ktp penghayat kepercayaan,” lanjutnya.

Lebih lanjut Kadisdukcapil Kendari menyatakan, apabila ada warga yang mengajukan ktp penghayat Kepercayaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa maka di kolom agama di KK langsung diganti dengan kepercayaan. (*WS)