Kodim Bersama Polres Kendari Kolaborasi Berantas Begal

WartaSultraID—Komando Distrik Militer (Kodim) 1417/Kendari bersama Polisi Resor (Polres) Kendari gencar melakukan patroli bersama untuk membasmi tindak kejahatan pencurian dengan kekerasan atau begal yang kerap beraksi di Kota Kendari akhir-akhir ini.

Komandan Kodim (Dandim) 1417/Kendari, Letkol CPN Fajar Lutvi Haris Wijaya, SE., M.I.Pol, menyampaikan bahwa keikutsertaan Kodim 1417/Kendari untuk menjawab keresahan masyarakat terhadap aksi kejahatan pada malam hari, pihaknya bersama Polres Kendari menerjunkan dua kelompok pasukan yaitu Pasukan Reaksi Cepat (PRC) dan Intelijen yang akan langsung melakukan penindakan di lapangan.

“Kegiatan ini berdasarkan perintah Komandan Komando Resor Militer (Korem, red) 143/Haluoleo, Kolonel Inf Yustinus Nono Yulianto, S.E., M.Si, dan hasil koordinasi dengan Kapolres Kendari, AKBP Jemy Junaedi,” Kata Dandim melalui pers rilis yang diterima Warta Sultra, Senin (15/7/2019).

Dandim mengatakan bahwa PRC berjumlah satu satuan setingkat peleton (SST) berisi 30 prajurit bersenjata. Pasukan ini yang nanti secara langsung akan membantu pihak kepolisian memberantas begal di Kota Kendari.

“Patroli bersama sudah dimulai Sabtu malam 13 Juli 2019 dan akan berlangsung setiap malam. Dalam melakukan penindakan, pihak TNI ini juga akan berkolaborasi dengan Polres Kendari. Selain melakukan operasi terbuka, Kodim 1417/Kendari juga bakal melakukan operasi senyap dengan melibatkan pasukan siluman,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, persoalan menjaga keamanan merupakan tanggung jawab dari pihak kepolisian. Namun, ketika masyarakat meminta untuk terlibat dan perintah dari satuan atas sudah turun, maka TNI harus merespon dengan cepat dengan berkoordinasi dengan pihak kepolisian.

“Ketika berkembang dan masyarakat meminta turun untuk membantu, maka kami tidak tinggal diam, kita akan jawab secara cepat,” tegas Letkol CPN Fajar Lutvi Haris Wijaya.

Ia menambahkan, penindakan juga akan dilakukan terhadap pemuda yang minum-minuman keras, dan balapan liar serta tindak kriminal lainnya.

“Kami bersama dengan pihak kepolisian artinya pihak Polres Kendari akan segera berupaya menuntaskan permasalahan begal dan penyakit masyarakat lainnya yang meresahkan warga Kota Kendari,” tutupnya. (*WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.