Polda Sultra Mengirim 189 Personel Brimob ke Papua Barat

Kapolda Sultra, Brigjen Pol Iriyanto, saat memberikan arahan. 

Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara (Polda Sultra) mengirim 189 personel Brimob ke Papua Barat. Keberangkatan personel Brimob tersebut dalam rangka untuk menjadi Bantuan Komando Operasi (BKO) pasca konflik unjuk rasa berujung pembakaran dan keributan di Kota Manokwari.

Pengiriman ratusan personel Brimob Polda Sutra ke Papua Barat ini berdasarkan perintah langsung Kapolri, Jenderal Tito Karnavian, melalui Surat Telegram Kapolri Nomor: STR/ 310/VIII/OPS.4.5/2019, tanggal 19-8-2019.

“Jumlah personel Brimob Polda Sultra yang diberangkatkan ke Polda Papua Barat sebanyak 2 SSK atau 189 personel dibawah pimpinan Dan Yon B Pelopor AKBP XTL Nadeak, S.I.K. Berangkat dari Bandara HaluOleo Kendari ke Bandara Manokwari, Papua Barat,” kata Kapolda Sultra, Brigjen Pol Iriyanto melalui siaran pers yang diterima Warta Sultra, Selasa (20/8/2019).

Kapolda mengingatkan kepada semua personel agar mematuhi dan mengikuti segala perintah, petunjuk, dan arahan yang diberikan oleh pimpinan mulai dari Danyon (Komandan Batalyon), Danki (Komandan Kompi), Danton (Komandan Peleton), Danru (Komandan Regu), dan senior.

“Jangan melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan perintah atau prosedur kedinasan yang berlaku, tetap menjaga nama baik Polda Sultra. Kepada para komandan mulai dari Danyon sampai ke Danru agar selalu mengawasi dan mengendalikan anggota yang menjadi tanggung jawabnya. Agar pergerakan, tindakan pasukan selalu berdasarkan perintah dari pimpinan yang menjadi komandan BKO,” tegas Kapolda.

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh Warta Sultra belum ada kepastian berapa lama Satbrimob Polda Sultra diperbantukan di Papua, yang jelas jika situasi sudah kondusif pasukan yang dikirim dari luar Papua akan dikembalikan ke daerahnya masing-masing. (*WS)