Satgas Yonif 725/Woroagi Kenalkan P3K untuk Pramuka SMPN 1 Senggi

WartaSultraID—Menjalankan tugasnya sebagai Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-PNG Yonif 725/Woroagi Pos Kotis yang dipimpin oleh Dansatgas Yonif 725/Woroagi, Letkol Inf Hendry Ginting S., S.I.P. juga memberikan latihan pengenalan pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) dan pertolongan pertama di lapangan (Longmalap) kepada anak-anak Pramuka┬áSekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Senggi, Distrik Senggi, Kabupaten Keerom pada Sabtu Maret 2019.

Pemberian materi dan latihan tentang P3K ini merupakan salah satu cara Satgas Yonif 725/Woroagi untuk memberikan wawasan dan pengalaman bagi anak-anak Pramuka yang berada di Gugus Depan (Gudep) SMPN 1 Senggi. Sehingga nantinya dapat diaplikasikan pada saat kegiatan perkemahan maupun di ruang lingkup kehidupannya sehari-hari.

Selain itu juga, kegiatan yang dipimpin oleh Pasi Ter, Letda Inf Sahabudin bersama enam orang anggotanya tersebut menjadi wadah pembinaan jiwa untuk menanamkan rasa kemanusiaan, nasionalisme dan rasa cinta tanah air bagi para generasi muda khususnya yang berada di Gudep SMPN 1 Senggi.

Menurut Letkol Inf Hendry Ginting, organisasi kepramukaan tidak perlu diragukan lagi dan harus diperkuat peranannya, karena organisasi kepanduan ini memiliki tujuan yang sama dengan Tentara Nasional Iindonesia (TNI) yaitu menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Pancasila. Komitmen itu telah tercermin dari sistem pendidikan yang diterapkan di Pramuka sampai tahap kegiatannya di lapangan.

“Di dalam kesatuan TNI sendiri, organisasi Pramuka juga telah terbagi beberapa Satuan Kerja (Saka) Pramuka diantaranya Saka Wira Kartika (TNI-AD), Saka Dirgantara (TNI-AU) dan Saka Bahari (TNI-AL), ini menunjukkan bahwa TNI dan Pramuka sama-sama satu nafas dan terus berkolaborasi mengadakan kegiatan positif kaitannya dengan bela negara,” jelas Letkol Inf Hendri Ginting melalui pers rilis yang diterima Warta Sultra, Sabtu (16/3/2019).

Sementara itu, Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 1 Senggi mengatakan bahwa dengan dilaksanakan kegiatan tersebut, ia sangat berterimakasih kepada TNI khususnya anggota Satgas Yonif 725/Woroagi.

“Terima kasih kepada anggota Satgas Yonif 725/Woroagi khususnya Pos Kotis Senggi yang sudah meluangkan waktunya untuk memberikan wawasan dan keterampilan kepada murid kami. Saya juga berharap kegiatan tersebut dapat terus dilaksanakan. (*WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.